^_^

Wednesday, March 9, 2011

Basis data

Hmm…basis data…apa yah???lha database naon deui??
Ini salah satu mata kuliah saya di semester 2, awalnya mah bingung, basisdata atau sering di sebut Basdat itu makhluk apaan seh??? Coz…selain SKS nya Gede, dosennya juga Killer…hha…sangking killernya sering di kibulin ma mahasiswanya…hakhakhak…piss
Ane bolak-balik mondar-mandir kampus minjem buku di perpustakaan yang judulnya Basis data…sangking sering mondar-mandir sampai-sampai saya dapat julukan wanita perpus…ckckck,,,ihhh nggak bangett deh…hhahha…saya kurang pantas mendapatkan gelar itu,,,secara Cuma rajin minjem doank…hahahaha…
Tapii yang ane simpulin dari beberapa buku yang berjudul Basis data yang ane pinjem di perpus mah…basis data itu ada sangkut pautnya ma Query, relasi, table, entity…etc…
Lha…apaan coba itu…jadi mending ane tutup buku dan bertanya pada eyang saya tercinta…
Me: eyang tau nggak basis data teh apaan?abdi teh nyari di perpustakaa kampus mah,,,kaga ada yang masuk ke logika,,,ada seh yang masuk tapi keluar lagi tanpa pamit!!!<ngomong appaan she>
Eyang :cu…cu…kamu teh,,,logika’a standar, beda ama anak eyang si einsten…
Me : jadi kumaha eyang,,,abdi teh kudu naikin memori otak abdi deui???
Eyang :banyakeun wae minum wine…nyegerkeun otak maneh eta…
Me :ohh…atuhh eyang to the poin bae lah…<hhahhahha>
Eyang : oke…cu…tinggal nulis aja basis data di goggle ane ntarrr banyak kok referensinya….
Me :o_O…oke…oke…
So…..
Basis data (bahasa Inggris: database), atau sering pula dieja basisdata, adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. 
Nah..lho…itu hanya sebagian kecil pengertian yang membingungkan yang banyak kita temui di eyang Google’s website…
Jadi saran saya mending kalian tanyain langsung ke dosen basis data anda…klo males ato takut…yahhh tanyalah ke kk tingkat yang pintarr ngeless...setidaknya dapat referennsi sedikit…
Dari versi otak ane mah…basis data atau database itu adalah inti dari semua pemrograman…tanpa adanya database suatu pemrograman tidak akan bisa berjalan,,,maksud gaulnya seh,,,error…
Trus di database itu ntar kita bakal mempelajari query” atau sintax” yang sangat tabu untuk di bahas,,,yah…bagi kalian yang mempunyai memori otak tipe nokia Nseries, kudu memperhatikan dengan baik klo lagi ada penjelasan, kudu banyak nanya, banyak baca buku, dan banyak nanya ke eyang google…hha
“Basisdata mudah kok,gak sulit-sulit amat…yang buat sulit Cuma pikiran kalian aja…”
Basis data tuh intinya ada DML (data manipulation Language) dan DDL(data definition language)
Cukup memahami 2 itu aja, insya allah udah bisa kok…mudah kan???
Apa aja yang termaksud dalam DML dan DDL
Klo DML (Insert, Update, Delete, Select)
Klo DDL (Create, Drop, Alter, Modify, Rename)
Oia…tadi ane sempat baca-baca buku note semester 2 ane,,,ternyata ada juga
DCL (database control language) yaitu Merupakan statemen yang digunakan untuk menjamin keamanan data. Perintahnya ada 2 yaitu :
Grant berguna memberikan hak akses, dan
Revoke berguna mencabut hak akses.
Tapi untuk DCl sendiri kurang di bahas…jadi ulik sendiri aja gan,,,mudah kok..
Oia…untuk ngulik basisdata atau database,,,ada software sendirinya kok…jadi klo kalian mau belajar mrektekin jurus” basis data kudu nginstal deui software’a…kitu…
Klo kesusahan dapet software’a minta ke teknisi kampus kalian aja, klo kaga ada minta ke teknisi kampus saya ajahh…hha…klo gak ada juga tinggal download aj gan…hhahha….banyak kok di eyang saya…hha…
“Oia untuk lebih tau kaya gimana DML dan DDL tunggu postingan ane berikutnya ya gan….”
^_^

0 komentar:

Post a Comment